strategi pemasaran internasioanal, kekuatan dan kelemahan PT. Indosat Tbk
Strategi Pemasaran Internasioanal PT.
Indosat Tbk
Strategi
perusahaan disesuaikan dengan ukuran dan karakter perusahaan. Pada perusahaan
yang telah melakukan diversifikasi bisnis, pada umumnya memiliki dua tingkatan
strategi:
Strategi
unit bisnis (competitive strategy) yang menitik beratkan pada upaya membangun
keunggulan pada setiap bidang usaha yang digeluti perusahaan, dan
Strategi
korporasi yang menentukan berbagai bisnis yang yang akandiusahakan termasuk
pengelolaan keseluruhan portofolio bisnis perusahaan.
1. Kompetisi terjadi pada level unit bisnis. Perusahaan induk
(yang melakukan diversifikasi) tidak terlibat langsung dalam persaingan. Strategi
korporasi berpeluang sukses jika memberi perhatian utama pada pemeliharaan
keunggulan tiap-tiap unit bisnis.
2. Tidak dapat dihindarkan diversifikasi akan menambah
biaya dan hambatan bagi unit bisnis yang sudah ada. Hambatan tak terlihat dan
biaya tersembunyi (hidden costs) yang dibebankan pada unit bisnis, meski tidak
semuanya dapat dihilangkan, namun secara terencana harus dikurangi.
3. Pemegang saham (share holder) memiliki kesiapan untuk
melakukan diversifikasi sendiri dengan memilih portofolio bisnis yang resiko
dan return-nya sesuai dengan preferensi mereka.
Analisis kekuatan
dan kelemahan dari PT. Indosat Tbk
Kekuatan :
1.
Hak duopoli yang
dimilikinya
2.
Pengalaman mengelola
bisnis telekomunikasi internasional
3.
Kekuatan manajemen
dan budaya perusahaan
4.
Rangkaian produk
dan jasa yang luas
5.
Teknologi yang
mutakhir pada peralatannya
6.
Kualitas produk
dan jasa
7.
Serta citra
perusahaan yang baik
Kelemahan :
1.
Kurangnya kebiasaan
bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang dimiliki
2.
Rentannya likuiditas
perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimiliki
3.
Diversifikasi yang
berlebihan seperti pada perusahaan anak dan afiliasi yang kurang menguntungkan.
Komentar
Posting Komentar