strategi pemasaran internasioanal, kekuatan dan kelemahan PT. Indosat Tbk


Strategi Pemasaran Internasioanal PT. Indosat Tbk

Strategi perusahaan disesuaikan dengan ukuran dan karakter perusahaan. Pada perusahaan yang telah melakukan diversifikasi bisnis, pada umumnya memiliki dua tingkatan strategi:

Strategi unit bisnis (competitive strategy) yang menitik beratkan pada upaya membangun keunggulan pada setiap bidang usaha yang digeluti perusahaan, dan

Strategi korporasi yang menentukan berbagai bisnis yang yang akandiusahakan termasuk pengelolaan keseluruhan portofolio bisnis perusahaan.

1.      Kompetisi terjadi pada level unit bisnis. Perusahaan induk (yang melakukan diversifikasi) tidak terlibat langsung dalam persaingan. Strategi korporasi berpeluang sukses jika memberi perhatian utama pada pemeliharaan keunggulan tiap-tiap unit bisnis.

2.      Tidak dapat dihindarkan diversifikasi akan menambah biaya dan hambatan bagi unit bisnis yang sudah ada. Hambatan tak terlihat dan biaya tersembunyi (hidden costs) yang dibebankan pada unit bisnis, meski tidak semuanya dapat dihilangkan, namun secara terencana harus dikurangi.

3.      Pemegang saham (share holder) memiliki kesiapan untuk melakukan diversifikasi sendiri dengan memilih portofolio bisnis yang resiko dan return-nya sesuai dengan preferensi mereka.



Analisis kekuatan dan kelemahan dari PT. Indosat Tbk

Kekuatan :

1.      Hak duopoli yang dimilikinya

2.      Pengalaman mengelola bisnis telekomunikasi internasional

3.      Kekuatan manajemen dan budaya perusahaan

4.      Rangkaian produk dan jasa yang luas

5.      Teknologi yang mutakhir pada peralatannya

6.      Kualitas produk dan jasa

7.      Serta citra perusahaan yang baik

 Kelemahan :

1.      Kurangnya kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang dimiliki

2.      Rentannya likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimiliki

3.      Diversifikasi yang berlebihan seperti pada perusahaan anak dan afiliasi yang kurang menguntungkan.

Komentar

Postingan Populer